Menu
header photo

Pengobatan Alami dengan Gamat

Obat alami untuk berbagai penyakit degeneratif seperti Ginjal, Jantung, Paru-paru, radang usus,kista ovarium, maag dll

Bagaimana Cara Mengonsumsi Obat atau Suplemen di Bulan Puasa

May 30, 2017

Kita caru saja memasuki Puasa Ramadhan bagaimana puasa Anda.  Kami berharap tentu saja lancar-lancar saja. Apakah sudah ada undangan buka puasa bersama? tentunya sudah banyak ya mengantri di jadwal anda selama bulan bulan puasa ini. Biasanya buka puasa Ramadhan menjadi ajang berbagi kebahagiaan dengan keluarga, kerabat, teman, atau rekan kerja sehingga buka puasa bersama menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

Jika berbuka mungkin tidak menjadi kendala, lalu bagaimana dengan Sahur anda. Nah.. yang kadang kala terlewatkan dengan tidak disengaja seperti sulit terbangun dari tidur lelap saat sahur atau bangun mendekati waktu imsak sehingga tak ada waktu untuk menyiapkan sahur . Perlu diketahui sahur sangat penting karena energi untuk bekal puasa seharian benar-benar bergantung pada apa yang Anda konsumsi saat sahur. Agar sahur Anda benar-benar mendatangkan energi yang optimal dan tahan lama, salah satu makanan yang direkomendasikan adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan sereal gandum.

Selain itu, juga anjurkan untuk menambahkan makanan berprotein seperti daging sapi rendah lemak, ayam tanpa kulit, ikan, tempe, tahu, telur, dan susu ke dalam menu sahur. Jika memungkinkan sertakan buah di dalam menu sahur ya, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah minum yang cukup sebelum waktu imsak tiba. Untuk sahur sedapat mungkin hindari makanan yang instant karena kandungan zat gizinya tidak beragam, beberapa makanan tertentu tinggi garam dan kurang zat gizi yang lainnya. Jika memungkinkan siapkan makanan sahur ketika anda belum berangkat tidur malam. Kendala ini biasanya terjadi pada mereka yang tinggal jauh dari rumah sehingga makan sahur tak langsung tersedia.

Menyiapkan makanan sebelum tidur akan memudahkan ketika berbuka. Untuk orang tua siapkan susu rendah lemak untuk pelengkap sahur. Oya jangan langsung kembali tidur setelah bersahur ya, tunggu beberapa waktu atau hingga subuh menjelang. Selamat berpuasa, semangat puasa dan selalu sehat.

Bagaimana cara mengonsumsi obat atau suplemen di Bulan Puasa

Pada saat berpuasa, kita tetap dapat mengkonsumsi obat seperti biasa, hanya waktu minumnya saja yang berbeda. Pada saat berpuasa waktu minum obat di rubah yaitu harusnya diminum pada siang hari dirubah menjadi pada saat kita berbuka puasa atau pada saat sahur. Berikut adalah cara minum obat pada saat berpuasa:

 

  • Sehari 1 x 1 sebelum makan
  • Obat diminum satu kali sehari yakni bisa diminum setengah jam sebelum makan sahur atau setengah jam sebelum makan setelah berbuka ( membatalkan puasa), yang penting dalam sehari obat diminum satu kali (24 jam)
  • Sehari 1 x 1 sesudah makan
  • Obat diminum 1 kali sehari setelah berbuka puasa dalam hal ini sudah mengkonsumsi makanan atau obat diminum 1 kali setelah makan sahur.
  • Sehari 2 x 1 Sebelum makan
  • Obat diminum sehari 2 kali yakni setengah jam sebelum makan (setelah minum untuk membatalkan puasa) dan diminum setengah jam sebelum makan sahur.
  • Sehari 2 x 1 Sesudah Makan
  • Obat dikonsumsi Setelah makan sahur dan setelah mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa.
  • Sehari 3 x 1 sesudah makan
  • Jika obat tersebut bersifat simptomatis yakni untuk menghilangkan gejala seperti sakit kepala, demam, atau nyeri maka Minumlah obat tersebut dua kali saja yakni setelah makan dan setelah berbuka puasa, dan setelah makan sahur. Jika obat yang diberikan adalah antibiotik, sebaiknya minta ke dokter untuk antibiotik yang dikonsumsi sehari 2 x 1 .
  • Obat-obatan Kronis. Obat-obatan kronis biasanya obat- obatan yang harus diminum secara rutin dan tidak boleh dihentikan meskipun dalam kondisi berpuasa. Contoh nya adalah obat-obatan seperti untuk diabetes, hipertensi, TB Paru, Kolesterol dll. 

Aturan dan dosis yang dianjurkan

  1. Obat diabetes yang diresepkan sehari 1 x 1 sebelum makan sebaiknya diminum pada saat berbuka puasa karena jika diminum pada saat sahur dikhawatirkan akan terjadi hipoglikemia pada saat berpuasa di siang harinya.
  2. - Obat Hypertensi 1 x 1 sehari.. Jika dokter meresepkan 1 kali sehari disarankan agar obat diminum saat makan sahur agar dapat mengontrol tekanan darah selama beraktivitas di siang hari. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa tekanan darah mencapai angka paling tinggi pada pukul 09 – 11 pagi dan paling rendah pada malam hari setelah tidur. Jadi obat darah tinggi jangan diminum setelah berbuka puasa atau sebelum tidur.
  3. - Obat Kolesterol. Untuk obat kolesterol sebaiknya diminum sebelum tidur karena biasanya kadar kolesterol meningkat di malam hari.

Sama halnya dengan mengonsumsi suplemen saat berpuasa. Jeli Gamat dan Spirulina Pacifica Luxor dapat dikonsumsi ketika sahur dan setelah berbuka serta menjelang tidur. Tentu saja banyak manfaatnya mengonsumsi suplemen saat berpuasa selain membantu meningkatkan stamina, konsumsi spirulina pun membuat rasa kenyang lebih lama karena mengandung serat yang baik untuk tubuh dan sistem pencernaan.

Go Back

Comment